Rabu, 06 Maret 2019 - 09:24:59 WIB

5 Fakta Meningitis yang Harus Anda Ketahui

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kesehatan - Dibaca: 57 kali

Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput yang melindungi otak dan saraf tulang belakang. Meski termasuk penyakit berbahaya, sayangnya masih banyak orang yang tidak waspada dan mengetahui gejala penyakit ini. Padahal penyakit yang satu ini dapat dicegah dan disembuhkan bila terdeteksi lebih dini.

Ada beberapa fakta seputar meningitis yang sebaiknya Anda ketahui.
1. Penyebab meningitis
Meningitis terjadi akibat adanya infeksi virus atau bakteri pada otak atau saraf tulang belakang. Sistem daya tahan tubuh bereaksi melawan infeksi tersebut dengan menimbulkan peradangan yang menyebabkan pembengkakan, yang akhirnya menekan otak dan saraf tulang belakang. Hal tersebut akhirnya menyebabkan beberapa gejala seperti sakit kepala, kelelahan, dan sulit berkonsentrasi. Bila semakin parah dapat menghambat peredaran darah ke otak yang dapat menyebabkan kerusakan permanen hingga kematian.

2. Dapat terjadi pada bayi
Bila meningitis terjadi di awal kehidupan bayi, maka bayi akan menunjukkan gejala demam. Itulah mengapa bayi baru lahir harus segera dibawa ke rumah sakit saat mengalami demam. Bayi dapat menderita meningitis akibat bakteri pada genital ibu yang menular saat proses persalinan.

3. Mudah menular pada remaja
Bakteri penyebab meningitis dapat menular dengan cepat pada kelompok tertentu, seperti remaja atau anak usia sekolah. Bahkan mereka yang tinggal di asrama memiliki risiko meningitis yang lebih tinggi. Itulah mengapa vaksinasi menjadi sangat penting untuk diberikan.

4. Cara mendiagnosa
Saat dokter mencurigai adanya meningitis, dokter akan meminta Anda untuk melakukan x-ray atau ct-scan untuk melihat peradangan di sekitar otak dan saraf tulang belakang. Tes darah mungkin juga diperlukan untuk mengetahui jenis bakteri yang menginfeksi.

5. Pengobatan meningitis
Meningitis dapat diobati dengan pemberian antibiotik. Tentu saja antibiotik harus diberikan atas petunjuk dokter. Pengobatan yang tepat dapat menurunkan risiko kematian hingga 15 persen. Namun antibiotik tidak dapat diberikan bagi penderita meningitis yang disebabkan oleh selain bakteri. Maka, mencari penyebab meningitis menjadi sesuatu yang penting sebelum menentukan jenis pengobatan.

  Berita Terkait


Isi Komentar :
  • Mengenal Vaksin Influenza Untuk Memproduksi Antibodi Pencegah Virus
  • Kemenkes Luncurkan 8 Inovasi Program Kesehatan
  • Rakerkesnas 2019 : Kemenkes Targetkan Untuk Tingkatkan Cakupan Kesehatan Semesta (UHC).
  • Kejadian Demam Berdarah Dengue Tahun 2019
  • Cegah Kanker dengan Deteksi Dini dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

076059

Pengunjung hari ini 1
Total pengunjung 27702
Hits hari ini 19
Total Hits 76059
Pengunjung Online 1
Bagaimana warna tema web ini?

Lihat Hasil Poling